Cara Agar Komputer dan Laptop Terbebas dari Virus


Komputer dan Laptop terkena Virus, adalah sesuatu yang paling menyebalkan dan mendebarkan apa lagi kalo sampe yang di serang Virus itu data 'D' dimana directory ini pada umunya dijadikan orang sebagai tempat penyimpanan File-file penting mulai file pribadi maupun urusan kerjaan kantor, Bisnis dan lain sebagainya.

Tapi pada zaman sekarang ini saya pribadi sudah sangat jarang mendengar Komputer dan Laptop yang masih menjadi sarang atau peternakan Virus. Ini karena update tan Sistem Operasi (OS) di Zaman Now sudah begitu canggih, sebab sudah dilengkapi dengan yang namanya Anti Virus atau System Protection bawaan dari OS itu sendiri.

Jika pada saat ini, Komputer atau Laptopnya sobat masih rentan diserang Virus silahkan sobat terapkan tips dari saya ini agar Komputer atau Laptop sobat suci bersih dari yang namanya Virus. Namun tips kali ini yang akan saya kasih ini, khusus kepada pengguna OS Windows saja, maka dari itu tak perlu lama-lama lagi, caranya adalah sebagai berikut:

1. Update Sistem Operasi (OS) ke Versi Terbaru
Sangat penting sekali mengupdate OS ke versi terbaru, kenapa saya bilang sangat penting. Karena kebanyakan Komputer dan Laptop yang saya dapati didalamnya terdapat banyak sekali Virus, ini disebabkan masih menggunakan OS versi lawas/lama. Contohnya seperti masih menggunakan OS Windows 7, bahkan ada yang masih nyaman menggunakan Windows XP.

Perlu sobat ketahui jika saat ini di Komputer atau Laptop sobat masih menggunakan OS Versi lama seperti Windows 7, Windows XP, dll. Saya sarankan agar sobat segera bertaubat untuk segera mengupdate OS nya ke versi yang terbaru!. Karena Windows 7 beserta Windows XP, pembaharuan dan supportnya sudah resmi di tutup oleh Microsoft pada tahun 2013. Jika masih ada pengguna yang memaksakan diri menggunakan OS lawas ini maka sangat berbahaya bagi keamanan data kita karena OS lawas ini begitu rentan di serang Virus/Malware.

2. Merapikan File
Sering-seringlah merapikan File yang ada didalam Komputer atau Laptop kita. Hal kecil seperti ini sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi kesehatan perangkat kita, sebab kebanyakan yang saya lihat Komputer atau Laptop yang terdapat banyak Virus didalamnya itu File yang ada didalamnya berserakan tidak di letak atau dimasukan rapi kedalam Folder.

Tempat penyimpanan data, di ibaratkan sama halnya didalam kehidupan nyata saya kasih contoh seperti ruangan kamar pribadi kita apabila barang-barang kita tidak dirapikan,d berserakan, selesai tidur tidak dirapikan kembali, bekas bungkusan makanan dan minuman yang kita makan didalam kamar dilempar begitu saja. Maka kamar kitapun akan menjadi sarang virus dan penyakit didalamnya akan mulai muncul Belatung, Kecoa atau sejenis serangga jorok lainya. Nahsebaliknya jika tempat kita selalu dirapikan dan dibersihkan maka tidak akan kita terkena penyakit atau Virus.

Tempat Penyimpanan Data juga seperti itu kalo file-filenya di tata rapi di arsipkan kedalam folder sesuai dengan label masing saya 98% perangkat kita akan terhindar dari serangan Virus. Seperti inilah gambaranya.

3. Instal / Pasang Anti Virus
Memasang Anti Virus menurut saya pribadi tidaklah begitu penting, tapi kenapa saya menyarankan pada point ketiga ini ? Saya merekomendasikan Anti Virus bagi Komputer yang digunakan untuk urusan Kantoran atau Bisnis yang didalamnya menyimpan data-data penting seperti data Klien dan hal penting lainya. Untuk penggunaan pribadi saya rasa Anti Virus bawaan dari OS itu kurasa sudah cukup, yang penting kita rutin dalam melakukan pembaharuan sistem. Silahkan baca >> cara melakukan Pembaharuan Sistem Operasi (OS) yang baik dan benar.

Itulah tips singkat dari saya sampai disini bisa dipahami kan, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Tombol share sudah tersedia, untuk itu jangan lupa juga membagikan artikel ini kepada yang lain. sekian dari saya, sampai jumpa pada Artikel selanjunya. *Trims
Baca Juga

Trending Posts

Jasa Perbaikan Komputer & Laptop

IT BITUNG 085146311111

Jasa Pembuatan Website Di Kota Bitung